Comal, Pemalang Jawa Tengah

15 km. kearah barat dari kota Pekalongan terdapat sebuah kecamatan dimana kecamatan tersebut masuk dalam wilayah kabupaten pemalang yang berbatasan dengan kabupaten Pekalongan. Jika di tempuh dari Pekalongan dengan menggunakan angkutan umum kurang lebih memakan waktu sekitar 30 menit. Kecamatan Comal namanya,terletak di jalur pantura yang menghubungkan jalan Jakarta- Semarang.

jembatan penghubung Semarang – Jakarta

peron stasiun comal

Mengenai sejarah awal mula mengapa dinamakan Comal, saya kurang mengetahui pasti, lantas apakah ada hubunganya dengan kota Comal di Texas u.s.a ?, yang jelas seperti di tuturkan oleh para tetua desa, dari dahulu memang sudah bernama comal. Meski ada cerita yang berkembang bahwa dahulu kala ada seorang saudagar kaya yang konon bernama comal, maka untuk memudahkan penyebutan daerah sini di masa itu, orang-orang terbiasa menyebutnya dengan panggilan saudagar kaya tersebut yaitu “ comal”.

Klenteng TIN AN BIO Comal

Meski masuk dalam wilayah kab. Pemalang karena letaknya yang berbatasan dengan kab. Pekalongan, secara kultural menjadikan dialeg percakapan yang di pakai sehari-hari mengikuti dialeg Pekalongan. Tidak seperti yang kebanyakan dipakai oleh sebagian besar penduduk di wilayah kab. Pemalang yang memakai dialeg jawa dengan logat Tegal atau istilah sini nya “ngapak”. Di kecamatan comal ada 17 desa dan satu kelurahan yang rata-rata tiap desanya masih memiliki Lahan persawahan yang masih luas, sehingga banyak yang berprofesi sebagai petani. para wirausahawan juga banyak membuka usahanya di daerah ini sehingga banyak tenaga kerja di lingkungan sekitar terserap. Sebagai contoh dusun serdadi di kelurahan purwoharjo yg merupakan sentra usaha konveksi pakaian jadi, pabrik tahu/tempe di desa kauman, pengrajin kulit ular di desa sarwodadi atau pabrik krupuk dan aneka macam kripik di desa pecangakan.Selain profesi buruh dan petani yg kebanyakan di geluti masyarakat comal, tak sedikit pula yang bekerja di beberapa instansi.

stasiun comal

Ketika kaki saya kembali menyusuri jalanan di comal dalam hati saya berujar, ternyata comal tak sehening dulu. Banyak yang berbeda ketika saya melihat 20 tahun silam. Ya comal sudah mulai tumbuh dan menggeliat. Mudahnya akses untuk keluar masuk wilayah ini serta letaknya yang strategis menjadikan comal lebih mudah berkembang dari pada kecamatan lain di kab. pemalang. Untuk perekonomian terpusat di daerah pasar comal dan sepanjang jl.jend. A.yani, di situ merupakan daerah yang banyak di lirik pemilik usaha, karena letaknya yang menjanjikan untuk berinfestasi, baik dari skala pengusaha besar sampai pengusha mikro. Di sepanjang  jl A. Yani berjejer bermacam usaha dari mulai pertokoan yang menjual alat2 perkantoran dan berbagai macam kebutuhan, warnet, bank, juga berdiri beberapa sekolah diantaranya SMU N 1 COMAL, SMP N 2 COMAL dan SMP N 1 COMAL. Berbeda dengan jalan jend. A Yani, di jalan gatot subroto daerahnya kurang begitu ramai karena di blok sini kebanyakan hanya  toko-toko mebel furniture, beberapa bengkel motor dan toko kelontong. Daerah sini biasa di kenal dengan “kampung arab”karena banyak tinggal keluarga berwajah timur tengah di sepanjang  jalan ini. Sementara di sepanjang  jl.jend. Sudirman atau  jalan utama pantura, adalah daerah pecinan, Di sinilah saya di lahirkan dan juga di besarkan oleh orang tua saya. Kenangan masa kecil dan masa remaja yang mengharu biru menjadikan tanah kelahiran ini sangat mempunyai arti tersendiri dan menjadi sebuah magnet kerinduan di saat saya melang-lang jauh.

salah satu sudut jl. jend. A. Yani

Makanan khas daerah sini yang sangat cocok untuk oleh-oleh salah satunya adalah kue apem. Nah jika anda singgah di comal, dan ingin makan atau pun sekedar bersantai menikmati minuman bersama keluarga, anda saya sarankan mencoba tempat yang satu ini yaitu “kebun bambu”, tempat makan Yang bersebelahan dengan rumah makan prima. Meski satu komplek dan satu pemilik, namun setingan kedua tempat tersebut memang sengaja di buat berbeda. Rumah makan prima khusus menyajikan menu-menu seafood dengan desain rumah makan pada umumnya, sementara Kebun bambu adalah tempat makan bernuansa natural yang menyajikan berbagai macam menu. Begitu anda masuk kebun bambu para witers akan mengantar anda memilih saung-saung yang tertata artistik dengan nuansa alam. Meski rasa dari masakan yang di suguhkan menurut saya biasa-biasa saja, tapi itu tak jadi soal karena tergantikan suasana yg di suguhkan. jika anda ingin mencoba mencicipi makanan tradisional khas comal ada tempat yg jadi rujukan seperti “wr. mak isah ” di dsn. balutan kelurahan purwoharjo,” wr. Kiwil” atau “wr. Manisah”. Jangan takut bermalam hari di comal, buang bayangan anda jika bermalam hari di sini sini gelap,sunyi dan hanya terdengar desingan jangkrik dan binatang malam, Suasana  malam hari di sini tak begitu sepi. Banyak warung-warung kaki lima menyajikan aneka macam kuliner yang rasanya tak kalah dengan masakan buatan resto, mulai dari pecel lele, nasi goreng, lesehan megono, nasi tahu, wedang bajigur dan masih banyak lagi. Warung-warung ini bisa anda temui di kompleks pasar comal.

kompleks pasar comal

Ada tempat pilihan saya untuk menghabiskan malam, dimana tempat tersebut bisa melepas penat saya setelah di penuhi oleh berbagai rutinitas seharian. Rasa penat itu seakan sirna saat segelas jahe susu dan sepiring gorengan tempe mendoan panas di hidangkan mang tatang. Di warung angkringan ini ku habiskan sedikit waktuku hanya untuk sekedar menikmati hidangan dan suguhan suasana malamnya yang menurut saya sangat pas. Tak hanya jahe susu dan mendoan, kopi, bajigur teh hangat, mie rebus pun siap di layani jika anda bertandang ke sini. Tempatnya yang terletak di sebelah utara lampu merah perempatan blandong comal membuat suasananya eksentrik dan unik. Dari obrolan politik sampai anak-anak muda yang curhat tentang pasanganya terdengar menggelitik telinga saat sruputan jahe ini melaju pelan.Di warung angkringan ini dari mulai tukang becak, anak band, mahasiswa,guru terlihat santai menikmati. khusus di malam minggu ada suguhan live music gratis dari musisi-musisi comal. Lalu lalang kendaraan dan dengungan klakson serta ritme lampu traffic light yang wananya itu-itu saja seakan ingin meramaikan malam hari di tempat kecil ini.

masjid an nur comal

131 Tanggapan to “Comal, Pemalang Jawa Tengah”

  1. COMAL… Tanah tumpah darahku!!!!

  2. huhuhuuu….

    q smakin kangen sm kampungku ini…
    tp tinggal bersabar sedikit lg, gk krg dr seminggu q kan sampai dinegeri impian…

    i’m coming comallll..

  3. desaku tercinta
    nan elok rupanya
    1001 kota tlah kulewati
    namun niat tuk kembali
    masihmelekat dihati

  4. jadi kangen suasana jalan ahmad yani yang teduh dengan pohon-pohon cukup besar di kanan dan kiri jalan, namun saat ini semua itu telah sirna dengan adanya pelebaran jalan ahmad yani yang terpaksa harus menghilangkan pohon-pohon itu. semoga kelak suatu saat nanti jalan ahmad yani -yang termasuk salah satu jalan utama di kecamatan comal- bisa kembali menghadirkan suasana yang teduh dengan pohon-pohon yang bisa ditanam di median jalan tersebut. s e m o g a . . . . .

  5. ruparuparumpi Says:

    wah…selamat datang blogger satu kampung…terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya….salam kenal…sampai berjumpa di kota comal…hehehehe

  6. I lv Comal

  7. comal kota yg gag bisa di harapkan….

  8. ahhhhh,pengen geburan nenk kali comal,,,,koyo mbiyen,,,,mancing,,,
    poko’e wong ndeso ae,,,ra koyo saiki senk soyo semrawut

  9. ahhhhh,pengen geburan nenk kali comal,,,,koyo mbiyen,,,,mancing,,,
    poko’e wong ndeso ae,,,ra koyo saiki senk soyo semrawut………….

  10. owh,,baru tau klo comal itu termasuk kab. pemalang.. kirain masuk pekalongan….

  11. trus klo ingin bermalam di comal dmn?g ada hotel….jd blom siip….

  12. wah wah wah… saudaraku yang budiman, lame tak jumpe skg dah jdi blogger pula kau.. aku skg meninggalkan kota comal nak pergi ke malaysie tuk nyari harte karun bantuin ipin-upin.. baek-baeklah kau rawat kota kite, biar awak nak cepet2 plang kampoang ni..

  13. asep ariyanto Says:

    uedan……………….
    comal,kangen pengen mulih.mampir di pasar comal mborong apem kang mas mbak yu

  14. q bkn asli anak comal..q nak jakarta..py q kturunan sana jg…mama – papa dr sana…
    hehehehe
    di comal ada t4 wisata apa ja???

  15. hai jadi kangen ama kampung ni ,nggak sabar mau balik gimana kabar anak2 di konfeksi agus salim di dusun serdadi salam semua aja k

  16. saidv lazyvers Says:

    hu kota tempat q lahir besar ,,,,,,kini hanyalah
    kota dengan kebisingan kota yang tak seperti dulu..???

  17. hilalhalalhilal Says:

    comal kyu yang sekarang bukan ,comal kyu yang dulu………
    semakin sumpek ajjaH..!

  18. comal tempat tinggal ku tepatnya di balutan ” texaz ” .
    walau kini ku ada dan berdiri di kota orang tapi balutan tetap takkn ku lupa .
    disanalah aku lahir bocah dan sampe dewasa , dan aku takkn pernah ijinkan ada yang meremehkannya ,
    balutan kampung halamanku , aku rindu .

  19. balutan is my country ..

  20. dedy sanda Says:

    kang pacul kreatif ya?? hehehe…foto2 apem ko ra ono bro??

  21. Nisa Azzahra Says:

    Comal memang kota kecil tapi disana ada banyak keistimewaan

  22. alah uara apik ahhhhh

  23. gatot setyawan Says:

    jd kngen neh ma kampung…….

  24. eka yuliani Says:

    KAMPUNG COML 5H…..NGEBOZENXE……..,,,.???

  25. dedy hartadi Says:

    comal tempate goleki cewek-cewek ayu. aku kangen tenan

  26. dedy hartadi Says:

    mbiyen cilik aku seneng dolan nang pasar comal ndelok bakul obat main sulap terus dolan video game nang samping bioskop.

  27. Heri Ngr Says:

    Comal tempat kelahiranku, tempat nenek moyangku disana…..kota kecil yang sangat ngangeni apabila aku jauh…di rantau.

  28. ghufron croniz Says:

    COMAL KECAMATANKU..,COMAL is the best

  29. dedy hartadi Says:

    menurut yang saya ketahui, comal itu berasal dari kata COMersil ALkohol, karena dulu disudut kota comal pernah berdiri pabrik spirtus terbesar se asia tenggara, sekarang tinggal puing2 dan akan berubah jadi ruko atau comal residence.

  30. sofyan hadi Says:

    comal masa tua hidupku kelak…

  31. Suka banget ma blog ni, tentang sejarah nama comal pengin saya bikin tulisan tentang itu tar kalo da jadi bisa baca di blog, thank berat buat semua yang nulis tentang comal, karena comal kota yang sangat tua dan penuh misteri

  32. [quote]adanya kuburan Syech Maulana
    Maghribi di Kawedanan
    Comal ?????
    dapat sumber dari mana mas?
    [/quote]

    makasih kang samsul dah mampir.

    Manteb tenan post bertema comal…

    O ya ma’afe mas, pertanya’an sampean nang blogku “iku sumbere kadi wikiped” mas.

  33. tarmuji Says:

    disini..aku mencari jati diri…sebagai anak kampung .
    susah senang aku jalani…di pasar comal….

  34. Istri Aq petarukan tp deket comal ya bro…??? jendral sutanto cuy org COMAL ,,,singkatan Cowok Pemalang…..ok deh bro succes….

  35. DEDY HARTADI Says:

    comal = comersil alkohol, disini dulu pusat penghasil alkohol terbesar seasia tenggara.

  36. DEDY HARTADI Says:

    COMAL = SING ECHO NGGO AMAL

  37. DEDY HARTADI Says:

    comal kota indah penuh kenangan

  38. Danny Chan Says:

    Comal..? Nama yg aneh.? Terdengar menjijikkan.. Mgkin nama comal brasal dr kata “kumal” krn dlu byak gembelnya… Xixixixi

  39. jd kangen ma COMAL. . .

  40. Dear All,

    Salam kenal aku wanja, lahir di pemalang tapi besar di rain city (kota hujan Bogor) aku pengen tahu lebih banyak nie tentang comal, tasik rejo de el el. info tempat wisata dan kulinernya yachhh….

    aku tunggu……..

  41. Keluarga kami pengen napak tilas menyambung silaturahmi dengan kakek dan nenek yang berada di comal, tapi karena aku merupakan cucu dari si mbah, jadi semuanya serba nggak tahu.
    Keluarg si Mbah dulu di Comal, mabah Surip, Mbah Tirto, dan masih banyak lagi…ada Mas Sudarno yang waktu itu ikut sama aku ke Jakarta tapi sekarang entah dimana…..

  42. Sri Wahyu M Says:

    Assalamualaikum wr, wb,

    Saya merasa sangat amat berterima kasih ternyata masih ada yang peduli terhadap Comal, tadinya saya berpikir susah amat mau menjalin silaturahmi dengan sesama orang Comal. Kakek saya dulu tinggal di Comal, namun sesuai tuntutan pekerjaan beliau harus berhijrah ke Bandung. Kakek tinggal di Cibunut, atau lebih dikenal dengan nama Baranang Siang, belakang toko Yogya.Kakek mempunyai anak keturunan yang tidak mau meninggalkan Comal, kami memanggilnya dengan mbah Tirto, (beliau Tuna Netra), mbah Surip seorang perempuan yang tangguh, mbah Kaeran, atau mbah Klemet, dan mbah Sul. Konon Mbah Klemet pernah memangku jabatan sebagai Lurah, atau KADES namun entah dimana. Anaknya Mas Darno atau Sudarno pernah sekira tahun 1975 pernah tinggal bersama kami sewaktu di Tebet Jakarta, namun kini entah kemana. Yang saya ingin share dengan teman2 sekalian adalah keinginan saya untuk menyambung kembali tali silaturahmi yang telah lama putus…….mungkin diantara warga Comal ada yang mengetahui keberadaannya..diperkirakan mereka Kakek saya sudah tiada…dan mungkin merek generasi pertama orang Comal…kalo ada yang tahu mohon untuk membalas, alamat email saya sertakan…terima kasih

  43. Sri Wahyu Says:

    Sudah 2 kali saya posting disini, rupanya administrator tidak mengijinkannya untuk diterbitkan, padahal mungkin penting bagi saya, heran juga mengapa harus seperti itu,

  44. Sri Wahyu Says:

    Tanggal 01 September 2011, saya mencari alamat yang sudah saya kirimkan ke salah satu desa dan ketemu dengan Sek Desnya Bpk Zaenal, dia begitu ramah menerima kami karena dari keakraban inilah datangnya silaturahmi, saya kira anda juga

  45. Sri Wahyu M Says:

    Terima kasih Pucuk Cemara, masih banyak konon yang perlu di ekpoe dari keberadaan Comal, tempat ini mulai bangkit dari kesepiannya untuk menyamai mereka yang telah terlebih dahulu bergerak untuk kepentingan masyarakat setempat, semoga situs ini lebih banyak memberikan tempat untuk mereka yang ingin terutama mengenal Comal lebih dekat, tolong dimuat dimana kita harus tinggal ketika kita melawat ke Comal, penginapan atau sejenisnya yang memadai untuk sekedar melepas lelah, tanggal 1 September saya telah kesana hanay sayang perangkat Desa masih libur lebaran jadi terpaksa kami kerumah masing2 SekDesnya salah seorang dari mereka adalah Bpk Zaenal yang sangat ramah menerima kami walaupun masih libur…semoga situs ini bermanfaat dan saya akan terus kesana untuk mencari tahu…it is hard, but it will never end….

  46. ra iso comment opo2.. cuma kangen ga tau muleh..i like this!

  47. Diah Fitri M Says:

    Comal – Pemalang…
    Sebuah desa yg mengusik diri saya & keluarga akhir2 ini…
    Dulu Mbah Buyut ‘kami’ tinggal disana, begitupun keturunan2nya (al Mbah Khaeran yg sempat menjadi Lurah di sekitar kali Comal sekitar thn 1940/1950-an). Skr kami kehilangan ‘kontak’. Menurut cerita dulu mbah buyut kami dimakamkan di sekitar kali comal juga dimana terdapat batu besar yg sering didatangi orang untuk ziarah. “Mbah Gentong Lontong Sabrang Barang” julukan buyut kami. Adakah pembaca yg lebih tahu/bisa memberi info dimana letak/nama desa tsb. Tks

  48. Maaf ada yang tahu dimana desa Blandong di Comal, seandainya kami masuk dari arah Pantura kurang lebih masih jauh nggak ya…mohon ada teman yang bisa kasih infonya

    • cipto mrgono Says:

      tdk ada desa blandong neng,. itu ikut desa purwoharjo,blandong itu nama pertigaan jalan

  49. Windy Javasih Says:

    jadi pingin posting kampung halamanku nie…,biar lebih dikenal…..Comal,terkenal dengan wisata kulinernya Sego Megono.

  50. Comal Mantaaap…. jadikan kota Comal kota yang Indah, sejuk dan damai, dan bangun terus Kota comal dari generasi muda yang produktif…….

  51. telah tenggelam seorang warga desa kebojongan comal pemalang pada tanggal 5.12.2011 di kali kandang – kebojongan .,(kali Comal)
    konon katanya nyawanya telah di renggut oleh penunggu kali comal.,sampai sekarang ini jenazah almarhum belum juga di temukan.,mohon do’a para warga seluruh comal yang ada di perantauan seluruh indonesia, demi ketenangan arwah beliau di sana, terimakasih.

  52. Comal kota kelahiranku tingkatkan SDM dan Infrastruktur yang signifikan…smoga*_

  53. Tolong cantumkan hotel yang ada di blandong dekat smp 1 comal. untuk panduan jika ingin menginap.

  54. comal pemalang Says:

    ayo sama2 kembangkan comal

  55. soemitros Says:

    soemitros@yahoo.com, susukan comal pemalang………..

  56. chaliri ch Says:

    Comal, ibarat sebuah mangkuk kramik kumel lusuh tapi multi fungsi,sebuah mangkuk yang digunakan untuk tempat nasi,sayur sambal,gorengan, akan tetapi pengguna lupa untuk mengelapnya hingga tampak kumel,lusuh dan tidak bersinar.Mungkin juga faktor ekonomi masyarakat yang terbelakang.Mereka tersita seharian dengan menjahit,memanggul,menebang kayu,menjala ikan, sehingga pasrah akan seperti apa kedepan dirinya dan kotanya.
    Kini saatnya generasi muda yang bersih-bersih mengisi pembangunan agar manguk keramik labih bersinar lagi.(Chaliri Ch,Balutan Comal,Karikatusir Harian Umum Suara Karya)

  57. Bali ndeso mbangun deso……ojo bali ndeso yen nelongso.

  58. Comal skrng bukanlah disebut kecamatan lagi, comal adalah Kota Niaga sebab Pembangunan di comal sangat cepat…. buktinya skrng msh di bangun perumahan pertokoan dengan sebutan “grand residence comal” di lahan bekas pabrik sepritus.

  59. max wibowo Says:

    Dulu comal begitu asri jalan A.Yani banyak pohon jd peneduh jalan. Sekarang seiring berjalannya waktu berubah jadi kota yg semakin maju dan ramai. kemanapun daku pergi ke comal lah daku kan kembali.

  60. Dhany Zm Says:

    monggo” poro sedulor mampir reng comal,arep golek opo ae ono nang pasar comal…..

  61. KATA PENGANTARNYA SEJARAH , TAPI MENGAPA FOTONYA KEBANYAKAN BANGUNAN BARU GAN

  62. _Aku yaqin Comal akan lbih maju dari Sragi……

  63. comal is the best city

  64. Kangen …nasi Tahu…kangen mancing di kali comal….
    comal kota dimana aku dibesarkan.SDN 01 purwoharjo..SMPN negri 2..SMA PGRI 02..dimana aku sekolah….

    Namun aku malu pulang kampung…karena aku gagal dalam berbisnis di Jakarta…sudah 6 tahun..Tapi aku akan tetep berjuang…semoga di kerjaan yang baru ini aku akan mengharumkan nama Kota comal..

    Smoga masalahku cepet selesai…smoga aku bisa balik mengunjungi kota tercintaku ini….

    No places like in Comal city…:)

    • kristari oktiani Says:

      Aku pernah punya mantan anak smu pgri 2 comal namanya slamet alias mamme tp aku gax tau lg dy ada dmn???ankt 2000 deh,,,,,,, klo ada yg tau ni pin bb aku 271FCDCF

  65. Ada juga yang mengatakan Comal dg kata Sungai yang Keruh…Ciomai..dari bahasa sangsekerta…bukn siomai….Btw yang mau kenal dg saya silahkan kontek akun FB saya…m_deddy_santoso@yahoo.com

    • Anda benar. Comal menurut keyakinan saya berasal dari Ciomal. Mengapa seperti nama tempat di Tanah Sunda? Nggak usah heran, banyak tempat di sekitar Comal yang berbau Jawa Barat seperti Cibiyuk Ampelgadng, Cibelok Taman, Cikadu dll….

  66. Sego megono ngarep kecamatan larang :(

  67. Comal Dimana aku dilahirkan dan dibesarkan..kta yang penuh kenangan manis dan pait…Kreta abi yang ngangkut tebu ke sragi dan pabrik spirtus…mancing di kali comal..nongkrong di comal teathre…minum bajigur…makan nasi tahu…bersama teman2 lamaku..sekarang aku jauh di ibu kota…:)

  68. Mochammad Ichsan Says:

    Comal tak kan pernah kulupakan…..aku lahir di Balutan,alhamdulillah setahn sekali pulang kampung bersama keluarga.Anak2 walau sudah pada remaja suka sekali main ke Stasiun KA Comal hingga larut malam..

  69. comal sing eco nggo amal

  70. YANG PNGEN KELILING COMAL DPT HUB
    08156939950

  71. jadi kangen. sudah 7 tahu saya ga pernah pulang kampung. Kampung saya di beji wetan kali layangan. Di situlah saya di lahirkan.

  72. Comal masih endonesa?
    Indonesia bagian dari comal

  73. tanah kelahiran q,,,,,,,,,kangen comal

  74. aq dewe wong comal,tapi eneng koncoku cah tegal seng komong koyo ngene,singkatan dari kta comal, comal seng eco kanggo amal

  75. comal akan menjadi sebuah kota yang damai disuatu saat. karena orang-orangnya baik hati dan tidak sombong :D hehe

  76. comal kota niaga…ak orang demak istriku pekalongan…sudah hampir 2tahun ini aku buka usaha di comal dengan buka warung soto tauto alkhamdulillah omsetnya bagus…mudah mudahan ak bisa tinggal di comal ..grand comal residen rumah impianku…

  77. yen mampir ning Comal ojo lali,,sambangi warung botok “mbah isah” akeh sing ngomong botok setan,…tapi top mar kotob,gud mar soo gud

    • Smoga comal mdatang bsa jadi kota yang sukses dan makmur..aminn
      ayo generasi muda comal..
      Kembangkan comal agar kota kita mjd kota yg maju..

  78. suntoro thok Says:

    hehehehe…………
    dadi kimutan skitar thn 2002 waktu smp.. dikejar2 guru waktu neng game dingdong samping bioskop comal,hahaha distrap inyonge.,
    salam cah2 smp1comal..
    hahahaha

  79. kampungku, jadi inget waktu ak pernah sekolah di sdn kelang depok (1982) lewat sawah sambil ambillin bengkoang di sawah orang he…he…he

  80. moh faruq n Says:

    La gang davos kok ora di angkat yo?

  81. pandandut (santi) Says:

    jd kepingin bali kampung q,,kangen pingin makan bakso balungan depan pegadaian…(mak nyus pemirsa ;)

  82. kristari oktiani Says:

    Saya,,,,,

  83. friends Says:

    hidup COMAL…..
    hidup SMANCO…… UNGGULLL….!!!!!!!

  84. COMAL singkatan dari Wonge eCO dan banyak aMAL itu kata orang 2x pendahulu kita , by the way…aku di lahirkan di kota itu yang penuh dengan kenangan , di desa BALUTAN SELATAN tepatnya
    komplex perdagangan kayu kalimantan dan Kayu GLUGU ( kelapa )
    tepat disebelah utara pasar comal & sebelah terminal , aku meninggalkan kota comal kira – kira : 22 tahun yang lalu , aku mencoba untuk migrasi ke JAKARTA demi untuk merubah kondisi
    perilaku dan kehidupan yang ketika itu saya merasa sudah tidak memungkinkan lagi STAY di comal , namun bukan berarti kota comal tidak membuatku menjadi berarti , justru KEMATANGAN dan
    KEMANDIRIAN yang saya dapatkan saat ini berawal dari kehidupan
    ku di kota comal , KERAS nya kehidupan di kota tersebut hingga dapat membuat diri ku mampu untuk menjadi GREAT PEOPLE hingga sampai kini.
    sukses di negeri orang bukan berarti harus melupakan dan sombong terhadap tempat di mana kita di lahirkan , bagaimanapun BALUTAN COMAL turut ikut andil dalam membesarkan kita.
    Aku rindu terhadap teman – teman ku di comal , jika waktu bisa di putar rasanya ingin kembali dan berkumpul lagi seperti masa – masa yang lalu dan berbagi cerita tentang suka dan duka kita masing – masing , Rindu sego bumbu , tauto dan sego tahu
    pokoknya I’ll be THERE soon , TUNGGU aku di SANA.

    My Fate is My Life , and Life is Good.
    T h e B o n g k a r G a n k
    ( Cah mbalutan kidul / pasar / terminal )

  85. tanah kelahiran ku takan ku lupakan di mana pun aku berada..

    COMAL KOTA TEXAS

  86. Banyak kisah ku di kota comal Ɣªŋg juga kota kelahiran ibundaku tercinta, ƍäª ♏αŮ pulang Kǻƪ☺ ÜϑªЋ di desa ku nan asri dan damai bikin pikiran plooong dan fresh untuk bekal cari rejeki di ibukota, terus maju kampung ku teruslah membangun biar banyak tempat hiburannya hahahahahaha……

  87. DEDY HARTADI Says:

    DARI DULU HINGGA SEKARANG COMAL TETAP DI HATI, KOTA PENUH KENANGAN, KEHANGATAN DAN KEDINGINAN BSEMUA ADA DISANA.

  88. Ahmad yusup Says:

    Sya yusup dr jawa barat. Mau tanya alamat bpk sunarto pengrajin d0mpet kulit ular & biawak di Jln. Jend. Sudirman no. 8, kec. Comal, kab. Pemalang, Jauh gak dri tmpat anda? Trus kira” butuh brapa jam perjalanan naik m0t0r kalo dr pasar hewan purbalingga.
    Trima kasih.

  89. Dulu comal sepi tp sekarang aq pngen dcomal karna ramenya

  90. Iyo yo rahhhhhh

  91. Comal skrg panas

  92. Comal oh.. Comal, aku rela datang kesana jauh jauh dari Pasuruan demi seorang disana… dan akhirnya tidak sia sia.. sangat berkesan. trims Comal..

  93. MassolPanjava Says:

    Makasih mas sudah menulis konten tentang Pemalang. Semoga kedepan Pemalang tidak dipandang sebelah mata lagi oleh masyarakat luas dengan semakin banyaknya bahan bacaan tentang Pemalang.

    kabar pemalang

  94. wawan kelink Says:

    Lahirku balutan gede di ujunggede.Comalku akan indah dan punya kenangan sampai kapanpun.. comalku kau punya banyak kenangan suka dan duka

  95. “comal”Tepatnya SIKAYU it is Tahu Cruncy come from

  96. silahkan mampir ke blog cecekgempulungblog.wordpress.com untuk mengobati kerinduan kota pemalang

  97. comal…kapan lagi ya singgah di sana lagi…

  98. wahyudi Says:

    seindah indahnya kota singapure,tetap msh indah kota kelahiranku COMAL

  99. comal kenangan masa kecilku,………??????

  100. COMAL gak akan aku lupakan smp kpnpun,anak tumbal yg suka bikin keributan di setiap ada tontonan/hiburan,……. ga ada takutnya/ga ada kapoknya,…………
    PRAKA PRAYITNO
    BRIGIF-3 YONIF-7 KORPS MARINIR 107

  101. suhaimi Says:

    COMAL ga akan aku lupakan smp kpnpun,…….kenangan masa kecilku dipasar COMAL , BY ANAK2 TUMBAL yg kalem tp suka ngorak-ngarik kalo ada tontonan ataupun hiburan dikawasan comal,sragi dan sekitarnya,…………
    SERMA SUHAIMI
    BRIGIF-2 YON TAIFIB-2 KORPS MARINIR angkatan 65

  102. Halim Says:

    Semoga comal di buat Mall …

    Amieeennn …

  103. Misbahudin alumni SMP Muh comal Th 1989 Says:

    COMAL takan terlupakan,,,teringat waktu mau berangkat sekolah naik Perahu krn pd saat itu jembatan terputus maklumlah t4 tinggalq diseblh barat kl COMAL….

  104. fajar'kazdon Says:

    Comal kota bercinta dalam hidup’ku.
    Tak trlupakan dg kue has comal yaituh kue APEM.. Hahahahaha

  105. Wahh jembatan comal ambles lg, jadi inget jaman SD waktu jembatan comal putus :) dulu aku pnh tinggal di Comal Baru alias kompleks Pabrik Gula Comal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: